Curug Bojong Pangandaran, Keindahan diantara cerita MISTIS

By 12.57 , , , , ,

Hobi NgetripCurug Bojong Pangandaran, Keindahan diantara cerita MISTIS  - Pangandaran, Hmm langsung di benak saya terlintas deburan ombak,pohon kelapa yang melambaikan dahan nya,Pasir putih seperti mutiara, dan alam bawah lautnya yang menampakan berjuta keindahan. Tapi kali ini kita tidak akan meng explore pantai pangandarannya, tapi lokasi tetangga nya yang jangan sampai kalian lewatkan kalo berkunjung ke Pangandaran. This is Curug Bojong.



Curug-bojong-pangandaran
Curug Bojong Pangandaran Foto by Planetpangandaran


Curug Sawangan atau lebih dikenal Curug Bojong ini dibuka bukan karena Inisiatif Pemerintah Melainkan atas Gagasan Masyarakat yang yang tinggal di Desa Sukahurip Kecamatan Pangandaran. LMDH adalah merupakan Lembaga Sosial control Masyarakat, Pemerintah Desa dan juga sebagai Mitra Kerja Perum Perhutani. Pembukaan dan Penataan Lokasi dimulai Pada Tanggal 01 September 2013, dan sudah Mendapat ijin Resmi dari Administratur(ADM) KPH Ciamis. Pembukaan dan Penataaan lokasi dilakukan dengan cara Swadaya/gotong royong dan inilah yang merupakan khas dari Budaya masyarakat desa Sukahurip.




Curug-bojong-pangandaran
Curug bojong dasar

Di Curug bojong ini ada 3 level alias 3 tingkat air terjun, Foto diatas adalah tingkat 1 dan ini yg biasa ramai pengunjung. Curug Bojong menawarkan pengalaman adrenalin yang luar biasa, pasalnya selain arus sungai yang kencang juga ditambah dengan adanya bongkahan-bongkahan batu besar yang ada di sekitar sungai. Suasana ngeri-ngeri sedap akan anda rasakan ketika mencoba wahana River Tubing di sini. 



jalan menuju curug bojong

MISTIS! Menurut cerita kenapa dinamai curug sawangan, Karena suatu saat nanti Curug Sawangan akan menjadi tempat tujuan semua suku bangsa dari Ras atau Suku baik dalam negeri maupun Manca negara. Alasannya adalah dikarenakan penghuni yang ada di Curug Bojong adalah seorang warga negara Asing yang sudah muslim dengan gelar Kyai yaitu "Kyai Mangun Jantra". Seiring dengan waktu nama Curug Sawangan akhirnya berganti nama menjadi Curug Bojong, dikarenakan aliran sungai Curug Bojong berasal dari kampung Bojong dan masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama "CURUG BOJONG"


jalan menuju curug bojong
Akses jalan menuju Curug Bojong

Untuk menuju curug bojong jalan nya belum di aspal tapi cukup bagus untuk kendaraan roda 2 atau 4. Dari Pangandaran kalian bisa lurus ke arah bandung -+ 1KM ada jalan ke kanan kalo gak salah ada sekolah SMK di situ. Ikuti jalan kurang lebih 30 menit sampai lokasi, dan jangan takut nyasar karena depanjang jalan banyak petunjung arah menuju kesana. harga tiket pada tahun 2015 sekitar Rp2.000 per orang dan parkir seikhlasnya. Jadi jika kalian ke pangandaran, Jangan sampai lewatkan lokasi satu ini ya guys.

You Might Also Like

0 comments